Disporapar Gelar Seleksi Jambore Pemuda dan Putri Pariwisata

Disporapar Gelar Seleksi Jambore Pemuda dan Putri Pariwisata

Tana Paser – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser membuka pendaftaran jambore pemuda Kabupaten paser tahun 2023 yang dimulai 17 Februari – 7 Maret 2023.

Sementara seleksi jambore akan dilaksanakan pada 8- 9 Maret mendatang.Kepala Disporapar Muksin mengatakan kegiatan ini diperuntukkan pemuda-pemudi Paser yang berusia 18 sampai 25 tahun, dengan persyaratan sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari puskesmas, sehat secara rohani, dan tidak terlibat penyalahgunaan narkotika.

“Jambore ini diprioritaskan mereka yang belum menikah dengan pendidikan minimal SMA sederajat,” kata Muksin.

Mantan Kepala Bappedalitbang ini menambahkan, pada seleksi jambore pemuda ini, pihaknya mencari mereka yang memiliki ketrampilan produktif. Misalnya terampil di bidang kesenian dan budaya lokal.

Muksin menambahkan, selain merencana kegiatan jambore pemuda, saat ini Disporapar juga sedang menyeleksi putri pariwisata dan duta wisata.

“Untuk putri pariwisata dan duta wisata, persyaratan umumnya berusia 17 sampai 24 tahun dan belum menikah,” tutur Muksin.

Untuk seleksi ini, syarat tinggi badan untuk pria minimal 165 cm, dan putri 160 cm. yang dicari pemuda-pemudi dikhususkan putra-putri Kabupaten Paser.Persyaratan lain tentunya memiliki pengetahuan luas, berpenampilan menarik, dan sehat jasmani dan rohani.

Mereka yang akan menjadi putri wisata dan duta wisata Paser, juga harus mampu menguasai salah satu seni budaya daerah seperti tari-tarian, menyanyi, terampil memainkan alat musik, dan bisa membacakan puisi. kesenian daerah. Akan lebih menjadi nilai tambah bagi para juri, jika mimiliki kemampuan berbahasa asing.

“Untuk duta pemuda kami cari 10 orang, masing-masing lima orang putra dan putri. Untuk duta wisata dicari dua orang untuk putra dan putri. Sementara putri pariwisata satu orang. Kesemuanya akan mewakili daerah di lomba tingkat Provinsi Kaltim,” ujar Muksin.

Pewarta : Hutja Editor : Ropii

sumber : https://mediacenter.paserkab.go.id/galeri/wisata/disporapar-gelar-seleksi-jambore-pemuda-dan-putri-pariwisata/

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment