Uji Coba Paralayang di Gunung Embun, Muksin: Layak Dijadikan Venue

  • Admin Disporapar
  • 16 September 2022
  • 30 Views
Uji Coba Paralayang di Gunung Embun, Muksin: Layak Dijadikan Venue

SIMPUL.MEDIA, Paser – Wisata Saing Boga lebih populer dengan nama Gunung Boga atau Gunung Embun yang berada di Kabupaten Paser kini semakin populer. Bukan hanya di Kalimantan Timur, tapi juga populer hingga Provinsi Kalimantan Selatan.

Teranyar, wisata yang berada sisi selatan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kini dilirik sebagai venue paralayang. Seperti yang dilakukan pada Kamis (15/9/2022) atlet paralayang mencoba terbang dan landing di area Gunung Embun.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin, mengatakan dengan dilakukannya uji coba paralayang di wisata yang berada di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu menjadi kabar baik bagi Kabupaten Paser.

“Ini berita baik bagi kita. Karena di Kalimantan Timur hanya ada dua lokasi yang layak untuk dijadikan venue paralayang. Yakni di Kabupaten Kutai Barat dan Paser,” kata Muksin, saat diwawancarai disela menyaksikan uji coba paralayang di Gunung Embun.

Ia bilang, dipilihnya Gunung Embun sebagai venue baru di Kalimantan Timur, dikarenakan aksesibilitas Kabupaten Paser cukup laik diakses oleh para atlet paralayang.

“Kami berharap Gunung Boga (Embun) menjadi lokasi sport tourism (wisata olahraga, Red). Inilah yang jadi pembeda dengan wisata lain, karena memiliki keunggulan paralayang,” sebut mantan kepala Bappedalitbang Kabupaten Paser.

Ia membocorkan pada tahun depan direncanakan bakal melaksanakan pelatihan atlet paralayang secara kontinyu. Tak cukup sampai disitu, nantinya bakal menggandeng atlet paralayang profesional untuk memberikan pelatihan di Kabupaten Paser.

“Selain Kabupaten Paser memiliki venue, nantinya kita juga punya atlet paralayang. Ya bakal mendatangkan atlet profesional untuk melatih selama satu bulan,” beber Muksin.

Nantinya pelatihan ini diprioritaskan bagi warga lokal. “Disamping wisatawan menikmati Gunung Embun, bisa juga dengan sistem tandem terbang bersama para atlet profesional yang sudah dilatih,” pungkas Muksin.

Sekadar informasi, untuk ke Gunung Embun jika melakukan perjalanan dari Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memakan waktu hingga 3 jam untuk tiba di simpang Desa Lolo Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser.

Setiba di simpang Desa Lolo kembali melanjutkan perjalanan tanah bebatuan selama 40 menit Gunung Boga yang berada di Desa Luan Kecamatan Muara Samu. Pohon kelapa sawit membentang sepanjang perjalanan. Akses bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Perjalanan cukup melelahkan. Namun begitu sampai tujuan, semua lelah terbayarkan. Mata dimanjakan panorama alam yang tersembunyi. Diselimuti hamparan awan dengan latar belakang Gunung Sampi. Udara begitu sejuk, segar dan dingin, aroma khas dedaunan tercium tajam.

Untuk menikmati hamparan awan ini disarankan telah berada sejak pukul 05.00 sampai pukul 09.00 Wita. Bahkan Saing Boga atau Gunung Embun juga menjadi salah satu wisata unggulan di Kalimantan Timur bersama Pulau Miang di Kabupaten Kutai Timur dan Malahing di Kota Bontang. (ir)

 
Sumber : https://simpul.media/uji-coba-paralayang-di-gunung-embun-muksin-layak-dijadikan-venue/pariwisata/

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment